Daftar Isi



By Abs' Reaper'sDj
(: 1 Button Like If you So Happy Visit This Blog, Thank You :)

Rabu, 28 Desember 2011

5 Tips Mempercantik Tampilan Blog

5 Tips Mempercantik Tampilan Blog - Sebenarnya, tidak perlu menjadi ahli koding jika ingin mengutak-atik template blog. Yang diperlukan adalah pengetahuan dasar tentang html dan css. Saya rasa pengetahuan tentang keduanya saja sudah cukup untuk memulai eksperimen dengan template blogger.

Di sini saya akan coba tunjukkan beberapa hack sederhana pada blog untuk menambah fungsionalitas blog dan sekaligus memberi tampilan yang lebih baik.

 
1. Social Bookmark Button - Social bookmark memudahkan pengguna internet untuk menyebarluaskan informasi lewat web social bookmark, seperti like Facebook atau tweet Twitter. Keuntungannya adalah semakin tersebarlah info dari blog kita dan tentu saja menarik banyak minat pembaca. Ada tiga widget yang bisa dicoba, yaitu AddThis, Floating Social Media Button, dan share button standar dari Blogger.  AddThis button bisa didapatkan secara gratis di addthis.com. Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa mendapat kode untuk memasang share social bookmark di blog kamu. Tampilan yang akan didapat akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
addthis social bokomark widget

Jika ingin kodenya, tinggal klik Get AddThis dan secara otomatis akan dibawa ke halaman selanjutnya dan tinggal copy-paste kodenya. Silakan menuju web AddThis di sini untuk mendapatkan widget keren ini.


2. Related Post dengan Thumbnail
  - Related post adalah posting/artikel di blog yang memiliki label yang paling mirip dengan artikel yang sedang dibaca sekarang. Tujuannya untuk memberikan rekomendasi artikel lain untuk dibaca.

Related post memiliki kelebihan bagi blogger karena blog bisa menyarankan artikel yang memiliki tema yang mirip, karena mungkin hal ini akan mendorong pembaca untuk membaca artikel yang direkomendasikan itu.


Related post dengan thumbnail berarti daftar related post itu dilengkapi dengan thumbnail gambar yang ada di artikel yang disarankan.


Jika blog kamu dilengkapi gambar di tiap artikel/posting, related post dengan thumbnail ini membantu pembaca untuk memutuskan apakah akan membaca artikel atau tidak berdasarkan gambar yang dilihat. Siapa tahu pembaca tertarik, hehehe.


realted post with thumbnail widget

Tutorial di atas juga menjelaskan cara merubah jumlah posting yang akan ditampilkan, judul widgetnya, bisa merubah thumbnail default, dan bisa merubah splitter color/ warna pembatasnya. Langsung cek aja, Gan!


3. Hack Label dan Archive Link

Jika kita menyediakan label untuk memudahkan pembaca mencari artikel dengan label tertentu, jika label ini di-klik, maka yang muncul adalah semua artikel dengan label yang dipilih.

Hal ini kadang merepotkan karena hasilnya tidak enak dibaca. Padahal pembaca cuma ingin mendapatkan Judul artikel dan beberapa kata saja supaya tidak terlalu memenuhi halaman.


Hasil Hack Label dan Archive
Oleh karena itu, kita akan coba hack link label dan archive agar hasil yang muncul lebih rapi dan enak dibaca.

4. Memberi highlight pada posting

Highlight yang dimaksud adalah penanda supaya mudah dibaca oleh pembaca blog, karena mungkin ada beberapa kalimat yang ingin kita tekankan.

5. Memasang SyntaxHighlighter pada blogger - SyntaxHighlighter adalah open source code by Alex Gorbatchev untuk memberi tampilan menarik pada potongan kode-kode pada blog. Kode-kode ini bisa kode apa saja, misalnya c++, c, html, css, dll...

SEMOGA POSTINGAN SAYA DI ATAS DAPAT MEMBANTU ANDA ^_^ PERINGATAN:KALO ANDA INGIN MEN-COPY POSTINGAN DI ATAS HARAP SERTAI ALAMAT WEB ABS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...